Home » Tentang Kami

Tentang Kami

  • Profil

     Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra Indramayu yang semakin besar dan banyak dikenal melalui prestasinya saat ini, pada mulanya bukanlah merupakan suatu badan usaha berbentuk koperasi melainkan merupakan suatu kelompok usaha tani saat ini. Kelompok usaha yang pada waktu itu dikenal dengan istilah kongsi yang dibentuk oleh sekelompok nelayan yang bermukim di Desa Paoman dan Pabean Udik.

    Sulit di pastikan kapan kelompok tersebut terbentuk tapi menurut orang-orang Nelayan dulu, kelompok tersebut didirikan tanggal 18 Agustus 1918 dengan nama “SAYA SUMITRA”. Usaha dan kegitannya pun kurang dapat diketahui dengan jelas. Namun dapat di duga, Usaha mereka tidak jauh berbeda dengan tujuan koperasi seperti sekarang ini yaitu untuk meningkatkan keadaan ekonomi dan Usaha anggotanya maupun masyarakat nelayan di kedua wilayah tadi.

    Kongsi ini, meskipun tidak dapat berkembang namun mampu bertahan sampai tahun 1948 walaupun mungkin hanya namanya saja. Setelah itu, dan dengan berlandaskan pada Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33, tanggal 25 maret 1948 Kongsi “Saya Sumitra” dirubah menjadi Koperasi Perikanan Indonesia “Saya Sumitra”.

    Kata “Saya Sumitra” itu sendiri merupakan kata bersambung dari kata Saya, Su dan Mitra, semua berasal dari bahasa jawa kuno. Saya berarti Alat penangkap ikan, Su berarti Baik atau bagus, dan Mitra berarti teman atau kawan. Jadi “Saya Sumitra” kira-kira berarti “Alat Tangkap Ikan adalah Teman Yang Baik”

    Selama 5 tahun setelah “Saya Sumitra” menjadi koperasi, kegiatan dan perkembangannya sulit diketahui. Berapa jumlah Anggotanya, Apa Usahanya juga tidak begitu jelas. Tapi dapat dipastikan usaha yang dilakukan adalah yang berkaitan dengan sarana dan perlengkapan kebutuhan usaha Kenelayanan. Sulitnya mengetahui kegiatan koperasi pada waktu itu karena tidak adanya catatan-catatan atau data-data yang bisa diperoleh. Ini mungkin dipengaruhi oleh terbatasnya kemampuan pengurus untuk menangani Koperasi baik dari segi Manajemen Organisasi maupun Usahanya.

    Tahun 1953 Koperasi Perikanan Indonesia “Saya Sumitra” dirubah lagi menjadi Koperasi Perikanan Laut “Saya Sumitra”. Pergantian nama ini diharapkan dapat membawa Koperasi kearah perwujudan Koperasi seperti yang telah digariskan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Namun dalam perjalanannya, KPL “Saya Sumitra” mengalami nasib yang hampir sama dengan yang terdahulu. Malah pada tahun 1972-1974 kegiatannya terhenti nyaris gulung tikar.

    Masalahnya, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang merupakan sumber pemasukan utama bagi koperasi diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah daerah yaitu Lembaga Pemerintahan Desa Pabean Udik. Peristiwa ini menimbulkan pertentangan dan perselisihan antara koperasi (Pengurus dan Anggota) dengan pihak pemerintah Desa dan sempat berkembang masalahnya sampai ke Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Tingkat II Indramayu.

    Di tingkat Dewan, setelah segala permasalahan di kemukakan oleh kedua pihak, maka tanggal 16 september 1974 melalui sidang Dewan Perwakilan Rakyat Tingkat II Indramayu, diputuskan bahwa Pengelolaan TPI diserahkan kembali kepada KPL “Saya Sumitra”.

    Setelah Tempat Pelelangan Ikan dikelola kembali oleh koperasi, se-tahun kemudian (1975) dibentuklah suatu Kepengurusan baru. Walaupun pelaksanaan Aktivitas dan usaha Anggota juga masih kurang, karena hanya berjumlah 52 orang dilayani oleh karyawan sebanyak 7 orang. Usaha yang dikelola pada waktu itu adalah menyelenggarakan atau mengelola TPI yang diatur dengan Peraturan Daerah Nomor 16/1970, kemudian Simpan Pinjam Anggota dan Toko Barang Alat Penangkapan (BAP).

    Tahun 1978, bersamaan dengan terbentunya kepengurusan baru periode ke-2 Pemerintah mengeluarkan suatu kebijaksanaan di Bidang Perkoperasian yang di tuangkan dalam Inpres Nomor 2 tahun 1978 tentang Badan Usaha Unit Desa/Koperasi Unit Desa (BUUD/KUD).

    Peta Lokasi

     

     

     

  • Visi Misi

    Mina Sumitra yang dari awal terbentuknya menempatkan diri sebagai wadah ekonomi kerakyatan dibidang kenelayanan, demi mencapai cita-cita para pendiri dan memposisikan nelayan pada tingkat sejahtera, maka Mina Sumitra mempunyai

    Visi :

    “Menjadi Koperasi Perikanan Terbesar di Indonesia.”

    Sedangkan untuk merumuskan visi tersebut ditetapkan beberapa misi sebagai berikut:

    Misi :

    Berperan sebagai ujung tombak para nelayan dalam meningkatkan ekonominya.
    Memposisikan diri sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan kenelayanan.
    Memperkuat Sumber Daya Koperasi, yang meliputi keanggotaan, keuangan, kekaryawanan, dan program kerja.
    Meningkatkan kepuasan pelayanan kepada para Nelayan.
    Memperluas wilayah kerja Mina Sumitra

  • Landasan Hukum

    Nama Koperasi : Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra
    Tanggal Berdiri : 25 Maret 1948
    Alamat Koperasi : Jalan Pantai Song No. 02 Kelurahan Paoman Kec/Kab Indramayu Jawa Barat 45211
    No. Telpon/Fax : TELP. ( 0234 ) 271287 FAX. ( 0234 ) 276282
    No. Badan Hukum : NO. 518/6138/BH/PAD/KPM/X/2006
    : Akta Perubahan Anggaran Dasar
    Tanggal Perubahan : 10 Oktober 2006

  • Struktur Organisasi

     

  • Tugas dan Fungsi

    Fungsi dan peran dari KPL Mina Sumitra Karangsong Indramayu

    Koperasi berfungsi untuk membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan social.
    Koperasi berperan :
    Secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
    Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai gurunya.
    Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
    Tujuan dan Usaha KPL Mina Sumitra Karangsong Indramayu

    Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membantu tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

    Untuk mencapai maksud dan tujuan, Koperasi menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai berikut:

    Jasa (TPI, Listrik, Angkutan barang)
    Perdagangan (Waserda, SPDN/BBM, BAP/Sperpart, Toserba, Es)
    Perkreditan (KK Anggota, KMK dan KPK)
    Industri (Pabrik Es)
    Unit Simpan Pinjam (SP)
    Jasa Konstruksi dan Suplier
    Usaha lain-lainnya yang ada kaitannya dengan kebutuhan Anggota dan masyarakat umum
    Peluang usaha yang akan mendatangkan keuntungan bagi organisasi, usaha apa saja dan di wilayah hukum mana saja.
    Bekerja sama (usaha patungan) dengan siapa saja dalam bentuk badan hukum apa saja dalam usaha memperluas bidang usaha yang akan mendatangkan keuntungan kedua belah pihak atas dasar persetujuan rapat anggota yang sah

  • Penasihat

    1. Ono Surono,ST (Ketua)
    2. H. Cartisa (Anggota)
    3. H. Wangita (Anggota)

    Pengurus

    1. Darto (Ketua)
    2. Rusmadi (Ketua Bidang Keanggotaan)
    3. H.Tawajud (Ketua Bidang Usaha)
    4. H.Suryana, SE (Sekretaris)
    5. H. Kamsari (Bendahara)

    Pengawas

    1. Drs. Sugiyanto (Ketua)
    2. Tumin (Anggota)
    3. H. Muslim (Anggota)

    Karyawan

    1. H. Edy Prasetyo (Manager Kelembagaan)
    2. Binar Rahaeningsih, Bsc (Manager TPI)
    3. Maspuah (Manager Administrasi & Keuangan)
    4. Oim Abdul Rohim (Pengawas Internal)
    5. Teguh Sugiarto (Kasir Induk)
    6. Oon Jahroni (Kasir TPI)