Home » Tempat Pelelangan Ikan

Tempat Pelelangan Ikan

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) merupakan unit unggulan dari setiap koperasi maupun badan usaha yang dimiliki nelayan. Dari sini, ikan yang baru diturunkan dari kapal, akan didistribusikan ke pasar-pasar ikan.
TPI Karangsong, yang saat ini dikoordinasi oleh Rusmadi, menjadi TPI terbesar di Kabupaten Indramayu. Transaksi TPI setiap harinya mencapai ratusan juta per hari. Dengan transaksi tersebut, TPI ini menyumbang APBD Indramayu senilai milyaran setiap tahunnya.

TPI yang terletak di ujung jalan Pantai Song ini terbuka bagi siapapun yang berminat untuk mendistribusikan ikan. Bakul merupakan istilah yang umum dipakai di Indramayu untuk para penjual dan distributor ikan hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di TPI ini. Setiap bakul harus terdaftar secara resmi di KPL Mina Sumitra lewat TPI Karangsong. Setelah terdaftar, para bakul tersebut bisa mengikuti prosedur lelang ikan yang dikoordinir oleh petugas lelang.

Hasil dari lelang tersebut, oleh bakul diditribusikan ke pasar-pasar ikan dan sentra-sentra penjualan ikan di wilayah Indramayu, Bandung serta Jakarta.

Dari sini juga, para nelayan mendapatkan keuntungan untuk mengoperasikan kembali kapal-kapal untuk melaut kembali.

 

Prosedur Lelang

Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi bakul ikan, meskipun bukan anggota koperasi. Bakul ikan inilah yang menjadi distributor ikan-ikan yang dihasilkan oleh kapal-kapal milik anggota koperasi.

Untuk menjadi bakul sangat mudah. Silakan datang ke Tempat pelelangan ikan (TPI) Karangsong. Kemudian daftarkan diri anda ke petugas kami. Petugas akan meminta identitas anda serta uang jaminan lelang.

Uang jaminan lelang ini akan dikembalikan manakala jumlah ikan yang dibeli nominalnya kurang dari uang jaminan. Namun, jika ikan yang didapat dari lelang nominalnya lebih dari uang jaminan, maka anda wajib membayar uang sisa kepada kami.

Ayo menjadi distributor ikan!